Rabu, 03 September 2008

Sumber Kopi Luwak SUKSES TANI


Sebelum penulis terjun pada bisnis kopi luwak, penulis telah melakukan riset musang/luwak selama 3 tahun. Sejak thn 1985 penulis telah mendalami hama vertebrata di BIOTROP IPB Bogor. Itulah sebabnya penulis sangat berkepentingan dengan konservasi musang yang termasuk hewan yang dilindungi. Dengan produksi kopi luwak maka petani malahan menganggap musang sebagai sahabat yang harus dilindungi, karena hasil penjualan kopi luwak mereka 10 kali lebih mahal daripada kopi biasa.

Sumber kopi luwak SUKSES TANI adalah dari petani yang kami dampingi.

Kopi luwak yang berasal dari pertanian kopi tanpa bahan kimia tsb selanjutnya diolah secara alami tetapi higienis.

Setiap petani dalam kelompok saling menjaga mutu sesama mereka. Pendapatan setiap petani dari hasil kopi luwak jauh lebih besar daripada menghasilkan kopi arabika biasa. Mereka saling bekerja sama dan saling mengingatkan mutu kopi luwak dari kelompok mereka.

Hanya petani yang sudah dipercaya yang dapat menyetorkan kopi luwak dari kebunnya kepada koordinator yang dipercaya dari sesama mereka (Bendahara Kelompok). Setiap petani memiliki data yang tercatat dengan jelas, yaitu tanggal, lokasi, jumlah yang disetor, dll.

2 komentar:

  1. saya punya ladang kopi dg produksi yg cukup besar di Cianjur, Jawa Barat. Sy ingin peroleh informasi cara memasarkan kopi luwak di daerah ini, apakah ada penampungnya ?

    BalasHapus
  2. Kalau memang asli maka saya bersedia menampungnya. Dan bukan dari musang peliharaan dalam kandang. Karena rasanya memang berbeda. Labelnya akan kami sebutkan sesuai dengan daerah-asal-sumber Kopi Luwak tsb.
    Silahkan kontak saya dgn no ponsel pada kartu nama pada blog ini.
    Salam hangat dari kami.

    BalasHapus