Jumat, 03 Oktober 2008

MENGAPA KOPI LUWAK ISTIMEWA?

Kopi Luwak telah terkenal sejak ratusan tahun lalu. Keiistemewaan kopi luwak adalah pada rasa yang legit karena kaya rasa creamy dan mocca yang alami. Kopi luwak juga dipercaya meningkatkan vitalitas pada pria dan wanita. Ada kepercayaan tertentu yang menyakini bahwa meminum kopi luwak menambah hokki (rezeki).
Berikut saya sampaikan informasi ilmiah yang dapat dirujuk tentang tentang Kopi Luwak:
· Buah kopi yang dimakan musang adalah yang betul-betul matang pohon dan sehat.
· Musang memakan biji kopi berlendir setelah mengupasnya langsung pada cabang pohon kopi. Biji kopi yang ditelan adalah biji berkulit tanduk.
· Musang menyukai lapisan lendir buah (mucilage) kopi. Biji kopi yang masih lengkap berkulit tanduk lalu dikeluarkan menjadi feses selambat-lambatnya 2 jam setelah ditelan.
· Tidak ada persentuhan langsung antara biji kopi hijau (green coffee bean). Akan tetapi enzim pencernaan musang telah mengubah biji kopi tersebut sehingga memiliki cita rasa yang spesifik.
· Musang adalah karunia Tuhan yang belum banyak dipahami hingga saat ini. Masih banyak rahasia pada pencernaan musang yang belum dapat diungkapkan dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

4 komentar:

  1. kenapa ga dibuat menjadi ciri khas atau oleh2 dari sidikalang apara?
    kan itu akan menjadi kebanggan dairi..
    karena terus terang, saya aja tidak tau kalo kopi itu ada di sidikalang padahal saya penikmat kopi..dan sering searching kopi enak di sidikalang.
    sebagai putra dairi saya akan sangat senang menceritakan ttg itu ke teman2 didaerah lain..

    sukses buat sukses tani..

    BalasHapus
  2. Lae, boleh tau gak brp harga kopi Luwknya per kg? Mauliate

    BalasHapus
  3. Mohon maaf kami telat menjawab karena ada kesulitan sistem password Google. Entah siapa yg ngerjain ini?
    Kami sudah mulai menyediakannya sejak tahun lalu, Ampara. Hanya terbatas untuk rekan saja. Yg saya takut jika dipajang-pajang adalah pemalsuan oleh orang lain. Toke Sidikalang terkenal sbg PEMALSU.
    Jika ampara mau silahkan mampir di alamat Jl. Persada (Kampung Karo) 55 Sidikalang, atau alamat stock point di Mdn. Silahkan di download Kartu Nama saya yg di kanan blog ini.
    Harganya tidak mahal koq, Tulang Manalu.
    Kami diskon khusus untuk penggemar apalagi untuk perantau dari Sidikalang.
    Jika datang ke Klinik Agribisnis SUKSES TANI malahan kami suguhkan gratis.
    Teknik penyajian kopinya juga kami tunjukkan langsung.

    BalasHapus
  4. Silahkan hubungi saya langsung via ponsel jika Pak Manalu mau beli. Harga yg dari kami sering dibanting-banting oleh pedagang yg mengaku-ngaku asli Kopi Luwak Sidikalang juga. Akhirnya pendampingan kami ke petani kopi kita yg berantakan. Pedagang hanya beli dan jual, tanpa kontribusi apa-apa untuk pengembangan Kopi Sidikalang.
    Mereka hari ini berdagang Kopi Luwak, lalu besok-besok berdagang sandal, dll. Akhirnya petani kopi yg hancur karena nama produk dari Sidikalang seperti Nilam, Vanili, gambir hancur karena pedagang.

    BalasHapus